Sejarah Saya Like, Love, and Write Sastra

Berawal dari 8 tahun lalu, saat saya duduk di kelas 2 SD. Saat itu, pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum Guru saya memulai pelajaran, beliau bercerita tentang kehidupan Chairil Anwar, sang penulis Indonesia yang paling tersohor di zamannya saat itu. Beliau lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 dan meninggal pada tanggal 24 April 1949, dalam usia 26 tahun di Jakarta. Saya menyukai beliau, karena karya - karyanya yang mempesona hati saya. Setelah pelajaran usai, saya bergegas ke perpustakaan, lalu saya mencari kumpulan - kumpulan puisi beliau. Setelah berkeliling, akhirnya saya mendapatkannya. Lalu, saya baca buku tersebut, tetapi dari sekian banyak halaman. Akhirnya saya menemukan puisi yang berjudul "Krawang Bekasi", dan saat membacanya, saya langsung jatuh hati kepada puisi tersebut sampai sekarang, sampai usia saya yang meninjak usia 16 tahun. Dan beberapa hari kemudian, saya minta ajarkan membuat sastra yang indah kepada Bapak saya (Penulis terkenal di Banjarmasin, yang terkenal sebagai penulis cerpen, syair, puisi, dan novel untuk orang dewasa). Akhirnya, malam itu juga, saya diajarkan membuat Cerpen, Puisi, serta Syair. Tapi sayang, beliau enggan mengajarkan saya membuat Novel, dengan alasan saya masih terlalu kecil untuk membuat Novel. Tapi sekarang saya telah merapungkan Novel perdana saya dengan judul "Kehidupanku". Akhirnya setelah 1 bulan digembleng Bapak saya. Saya di suruh untuk membuat Cerpen yang diberi judul "Kasih Sayang Bapak dan Bundaku" dan itu menjadi Cerpen perdana saya. Dan Puisi berjudul "Bapak, Aku, Abang, dan Adek Rizal" itupun juga menjadi puisi perdana saya. Insprirator saya yang kedua adalah Abdurahman Faiz, yang saya kenal lewat perkataan Bapak, karena saya gagal membuat cerpen yang kelima, dan perkatan beliau begini "Coba tuh lihat Faiz......., umurnya juga seumuran dengan kamu. Tetapi sudah banyak karyanya dan segudang tuh perhagaan buat dia, tapi kamu Roy.......kapan?" , itulah perkataan beliau kepada saya. Sejak saat itulah saya bertekad akan menjadi yang diinginkan oleh Bapak saya itu, walau raga beliau sudah menyatu dengan tanah 5 tahun yang lalu, tepatnya, 11 November 2005. Pada sore harinya, beliau mengajak saya dan adik saya ke toko buku Gramedia yang ada di jalan Veteran tersebut (Duta Mall belum ada, nggak kayak sekarang, bisa ke gramedia di Duta Mall), sesampainya di toko buku Gramedia, Bapak membeli buku - buku karya Abdurahman Faiz yang lahir di Jakarta, 15 November 1995 tersebut untuk saya, kalau saya sih mau beli komik aja. Lalu malamnya, saya baca buku - buku karya Faiz. Tiba - tiba saya termenung dan berkhayal, akankah seorang anak penulis lokal, akan menjadi Best seperti Faiz. Akan saya buktikan, itu tekad saya. Dari pertama nulis pada tahun 2003 sampai tahun 2008, saya telah membuat cerpen sebanyak 15 buah dan puisi 30 buah. Dan saat saya duduk di kelas 4 SD ,saya memenangkan Lomba Cerpen Antar Kelas dengan cerpen "Petualanganku" dan mendapatkan perhagaan menjadi Penulis Cilik, karena yang menang, keduanya kelas 6 SD dan Aku pun mewakili SDku mengikuti Lomba Cerpen Antar Sekolah Dasar Tingkat Kota Banjarmasin 2004. Bapak saya pun senang, tetapi beliau kecewa, kareana saya kalah di Tingkat Kota dengan cerpen yang sama dan saya pun tak dapat mewakili Banjarmasin, serta hanya mendapatkan Juara Harapan 3. Akan tetapi saya kembali mendapat predikat "Penulis Cilik", karena yang menang rata - rata kelas 6 dan kelas 5 SD. Pada saat saya di SMP, saya selalu menang dalam ajang lomba antar sekolah. Puncaknya tahun 2008, saya berhasil menembus 15 besar Lomba Menulis Cerpen antar SMP Tingkat Kota Banjarmasin. Tetapi, akhirnya saya gagal masuk 10 besar dengan Cerpen "Farewell Alfi". Akan tetapi, saya berjaya di Lomba Cipta Puisi antar SMP Tingkat Kota Banjarmasin 2009 , walaupun Juara 2, dengan Puisi "Arti Persahabatan". Insprirator saya terakhir adalah Andrea Hirata, beliau lahir di Pulau Bitong, 24 Oktober. Beliau terkenal dengan Novel "Laskar Pelangi" dan "Sang Pemimpi"nya. Saya belajar banyak dari beliau lewat novel - novelnya. Dan karena beliaulah, saya dapat membuat Novel perdana saya, yaitu; KEHIDUPANKU. Sampai sekarang ada 25 buah Cerpen, 40 Puisi, 5 Syair, dan 1 Novel yang saya buat. Tunggu ya novel saya!!!!!!

Andrea Hirata

Chairil Anwar

Abdurahman Faiz



Komentar

Postingan Populer